Senin, 14 Desember 2009

Mafia Wars and Poker

Facebook sekarang telah menjadi trend baru bagi anak muda untuk saling mengenal satu sama lain. Tapi tidak berhenti sampai disitu saja, bahkan facebook sudah merambah ke segala umur. Baik muda ataupun tua, pelajar atau pegawai, semua sudah disibukkan dengan yang namanya facebook.

Hal baik yang kita peroleh dari fenomena diatas adalah sudah berkembangnya teknologi dimasyarakat kita, sehingga dengan adanya facebook makin sedikit orang yang masih gaptek. Walaupun demikian, facebook juga membawa efek negatif bagi penggunanya. Salah satunya ialah semakin banyaknya pelajar yang hanya menghabiskan waktu luangnya dengan ber-facebook ketimbang membaca buku atau banyak pegawai yang melalaikan tugasnya gara-gara facebook.


Facebook adalah sebuah jejaring sosial (social networking) yang tidak hanya menyediakan cara berkomunikasi dengan orang lain saja, seperti jejaring sosial lainnya, diantaranya friendster, twitter, dan lain sebagainya. Namun facebook juga menyediaan beberapa game online untuk dimainkan oleh pengguna facebook. Inilah yang membuat facebook makin menjamur dimasyarakat. Diantara game-game yang sudah populer kita dengar yaitu Mafia Wars dan Poker.

Pengaruh yang dibawa game tersebut sangatlah besar, meski sebagian orang menganggap game tersebut biasa-biasa saja, namun banyak orang yang sudah terkena syndrome Mafia Wars dan Poker. Hal ini tambah memperburuk masalah, karena makin banyak yang terkena syndrome tersebut maka makin banyak orang yang lupa akan kewajibannya, baik sebagai pelajar, mahasiswa ataupun pekerja.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya ialah bagaimana kita menghindari syndrome tersebut? Seperti kata pepatah "Dimana ada kemauan disitu ada jalan". Mengatur jadwal online adalah salah satu cara supaya terhindar dari hal itu, yaitu hanya online selama 3 jam dalam sehari dan itu hanya dilakukan pad malam hari saja untuk menghilangkan kepenatan disiang hari. Biarpun demikian, semua tergantung pada diri kita masing-masing, "termasuk saya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar